Seminar Anatomi Laporan Keuangan

Wyndham Casablanca Hotel, Jakarta – 27 Juli 2020


Stock Market Crash? Harga Saham Turun? IHSG sudah turun ke level tahun 2016.

Mengapa cemas? Penurunan harga di Pasar Modal seharusnya kita sambut dengan baik.
Koreksi pasar merupakan opportunity untuk membeli perusahaan (value) yang baik dengan harga (price) yang sangat baik. Harga Obral.

Koreksi pasar sudah berulang-kali terjadi : 1998, 2000, 2008, 2013, 2015, 2018.

Namun bahkan dengan berbagai koreksi itu, IHSG meningkat 1,500%. Dalam jangka panjang, IHSG hanya akan bergerak dengan garis lurus panjang ke atas. Dalam jangka pendek, naik turunnya harga merupakan fenomena normal. dalam jangka panjang hanya akan ada The Underlying Truth. Mereka yang dapat memanfaatkan pasar ketika menawarkan value yang lebih besar dari price yang harus dibayarnya, merupakan bagian dari investor yang akan mendapatkan keuntungan.

Price, dapat dilihat setiap saat di pasar. Value hanya dapat diperoleh dengan memahami laporan keuangan. Membayar dengan price yang tidak bisa dibandingkan dengan value yang didapatkan, adalah sebuah spekulasi. Bukan Investasi. Memahami Laporan Keuangan merupakan kewajiban dasar seorang investor. Memahami Laporan Keuangan tidak harus membuat seorang investor menjadi akuntan. Investor hanya perlu memahami metrik-metrik dalam laporan keuangan yang relevan dalam proses pengambilan keputusan investasinya.

Seminar ini dirancang khusus untuk mereka yang latar belakangnya bukan dalam bidang akuntansi dan keuangan. Contoh aktual dari emiten di BEI dan Non-BEI akan memudahkan peserta untuk bisa memahami Laporan Keuangan, dalam rangka menemukan perusahaan-perusahaan yang baik. Seminar Ini akan membuat Laporan Keuangan tidak lagi menjadi misteri.

Buffett :”Whether We’re Talking About Socks Or Stocks, I Like Buying Quality Merchandise When It Is Marked Down”.

%d bloggers like this: