Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan (CMMLK)

The Underlying Truth – Seusai Buffett membaca buku Benjamin Graham, seakan dia menemukan sebuah “cahaya”.

Dia menemukan The Underlying Truth : Dalam jangka panjang, harga saham (PRICE) hanya akan ditentukan oleh kinerja usaha (VALUE) dari perusahaan yang menerbitkan lembaran-lembaran saham itu. Dalam jangka pendek? Anything goes. Disparitas yang terjadi antara PRICE dan VALUE dalam jangka pendek, sangat sering terjadi. Dan bukan merupakan hal yang luar biasa.

Tugas seorang investor adalah melakukan investasi, ketika pasar memberikan peluang untuk mendapatkan VALUE yang lebih tinggi dari PRICE yang harus dibayarkannya. Investor yang dapat menemukan VALUE yang lebih tinggi dibanding PRICE yang harus dibayarkannya, bisa mendapatkan keuntungan di pasar modal.

Pasar tidak dijadikan pedoman. Pasar justru dimanfaatkannya.

Price dapat ditemukan setiap saat dalam kuotasi harga di pasar.

Value hanya bisa diperoleh, melalui pemahamannya atas Laporan Keuangan.

Namun, banyak yang salah beranggapan, bahwa untuk memahami Laporan Keuangan, kita harus menjadi seorang Akuntan. Investasi bukanlah Akuntansi. Kepintaran tentang ilmu dan prinsip akuntansi, bukan merupakan faktor penentu keberhasilan dalam berinvestasi. Karena jika hubungan kausal seperti itu terjadi, maka para akuntan akan mendominasi daftar SuperKaya. Kenyataannya tidak.

Buku ini tidak akan berbicara tentang ilmu dan prinsip-prinsip akuntansi. Buku ini merupakan satu-satunya buku, yang akan membawa pembacanya untuk memahami Laporan Keuangan yang relevan dengan kepentingan seorang investor : Memahami apa yang disajikan dalam Laporan Keuangan, untuk menemukan perusahaan-perusahaan yang baik.

Kita tidak harus menjadi Akuntan untuk memahami hal itu. Fokus perhatian hanya akan diarahkan kepada sejumlah metrik Laporan Keuangan, yang sejalan dengan proses keputusan investasi.

Seusai membaca buku ini, Anda akan dengan mudah memahami makna setiap angka di Laporan Keuangan. VALUE tidak lagi menjadi misteri.

%d bloggers like this: