PERSPEKTIF 10 JULI 2020

PERSPEKTIF 10 JULI 2020

Rally yang terjadi di C

hina stocks tampak terlihat pada grafik di bawah ini.

China telah menjadi kekuatan perekonomian terbesar ke dua di dunia. Untuk mereka yang ingin memiliki exposure di kelompok perusahaan-perusahaan besar di China, bisa mempertimbangkan ASHR. Keranjang dari ETF ini, dirancang untuk dapat mencerminkan 300 China-A shares yang merupakan 300 perusahaan terbesar di China Stock Market. 

Stimulus fiskal yang dilakukan Amerika Serikat – dan membuat Neraca Fed membengkak dari $ 4.2 Trilyun (Maret) menjadi $ 7.1 Trilyun pada bulan Mei, menimbulkan sejumlah kekhawatiran. 

Membengkaknya defisit, yang diakibatkan oleh stimulus fiskal di atas, diperkirakan dapat menurunkan nilai dollar sebagai denominasi asset.

Sampai sekarang ini, dollar masih bisa mempertahankan privilege-nya sebagai mata uang dunia. Mereka yang berpikir mencari alternatifnya, selalu kembali tersandung TINA (There Is No Alternative).

Seperti disampaikan South China Morning Post, 7 Juli 2020, data-data SWIFT system terakhir, masih menunjukan kuatnya dominasi dollar ini  dalam international payment system. Transaksi dalam Dollar tercatat 43%, sementara Yuan masih sangat kecil (1.66%). Besaran GDP kedua negara tidak (atau belum?) tercermin dalam international payment.

Prospek penurunan nilai Dollar, tentu saja mengkhawatirkan investor dan negara yang memiliki Reserve dalam Dollar. Nilai cadangan devisa China saat ini sekitar $ 3.1 Trilyun, dan persentase terbesarnya dalam US Treasury. Selain itu, ada sekitar $ 2 Trilyun dalam bentuk investasi, yang sebagian besar dalam denominasi dollar.

Apakah ada upaya pemerintah China untuk meningkatkan keberadaan pasar modalnya, untuk dapat memperkuat posisinya saat ini? Dengan meningkatkan daya-tarik pasar modalnya, maka posisi Yuan sebagai  mata-uang perekonomian terbesar dunia, diharapkan dapat terangkat juga.

Saat ini Market Cap pasar modal China sekitar 59.3 Trilyun, atau setara $ 8.5 Trilyun, hanya sekitar 28% dari nilai Market Cap Amerika ($ 30.4 Trilyun). Sementara itu, nilai GDP China ($ 14.1 Trilyun) setara dengan 65.9 % nilai GDP Amerika ($ 21.4 Trilyun). Apabila kita memakai metrik yang disebut Buffett Indicator (Ratio Market Cap terhadap GDP), maka opsinya adalah a) pasar Amerika yang sudah kemahalan, atau b) pasar China yang masih relatif murah. 

Dari data Reuters, arus dana investor asing di Shenzen Stock Exchange di tahun 2019 naik sebesar 68% dibandingkan arus masuk tahun 2018. Untuk bisa kembali ke level yang pernah dicapai Shanghai SX di tahun 2015, pasar China masih perlu naik 35%.

China-based technology stocks, seperti juga di Amerika, menunjukan kenaikan yang lebih tinggi dibanding Index, seperti yang ditunjukan di gambar ini (Tencent, yang listed di HKSE dan Alibaba, di Nasdaq).

Dari Top-10 perusahaan yang berada dalam MSCI World Index (Total Market Cap, $ 43 Trilyun), 6 perusahaan diantaranya merupakan tech-based companies : Facebook, Amazon, Apple, Alphabet (Google),  Visa dan Microsoft. Mereka mewakili sekitar 12.5% MSCI World Index atas dasar data-data bulan Maret. 

China memiliki sejumlah perusahaan berbasis teknologi, yang menjadi  cerminan kelompok teknologi Amerika di atas : Tencent, Alibaba, JD, Baidu, Xiaomi, iQiyi, NetEase. 

Akhir Juni, Market Cap ke 6 perusahaan Amerika berbasis teknologi di atas tercatat $ 7.4 Trilyun. Sementara itu, total Market Cap Tencent, Alibaba, Baidu dan JD.com, iQiyi dan NetEase sekitar  $ 1.3 Trilyun.

Akan sangat menarik, untuk melihat potensi sejumlah perusahaan di sektor teknologi dengan target pasar 2 Milyar penduduk seperti China.

Salam,

Joeliardi Sunendar

Published by Joeliardi

Investor, Author.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: